Blog Pembelajaran

Selamat Datang di http://h4ck-ing.blogspot.com

Contoh Kajian Pustaka Sistem Informasi

Kamis, 12 Desember 20130 komentar


A.    Tinjauan Pustaka
Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan beberapa referensi yang berhubungan dengan objek pembahasan. Penggunaan referensi ditujukan untuk memberikan batasan-batasan sistem yang nantinya dapat di kembangkan lebih lanjut, dengan mengacu kepada referensi yang digunakan diharapkan pengembangan sistem nanti dapat melahirkan suatu sistem baru yang belum ada pada referensi sebelumnya.
Kusrini dkk (2007) menganalisis sistem informasi akuntasi pada Bengkel Las Karya Kita. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft SQL Server. Dalam perancangannya diperlukan sistem informasi yang memfasilitasi pemilik/admin, pimpinan, data entri, dan kasir dalam melakukan pekerjaannya. Dalam sistem ini pimpinan mengelola semua laporan yang ada pada perusahaan. Untuk data entri hanya bisa mengelola data barang. Untuk kasir mengelola data transaksi penjualan dan pembelian, data hutang piutang, data rekening dan jurnal umum. Sedangkan admin dapat mengelola semua data yang ada pada perusahaan. Jadi admin memiliki hak akses penuh untuk menggunakan sistem tersebut. Kelebihan dari program ini yaitu menggunakan database Microsoft SQL Server yang dapat melakukan proses manipulasi database berukuran besar, keamanan sistem yang baik, memiliki lebih banyak tipe data dan dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda.
Nurmalita (2011) menganalisis sistem informasi penjualan pada toko besi Tata Logam Jaya. Sistem ini dibangun menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Office Access 2007. Pada penelitian tersebut menjelaskan bagaimana membangun sistem informasi yang diimplementasikan untuk berbagai kebutuhan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan alat-alat bangunan. Dalam penelitiannya sistem tersebut mengelola data pengguna, data barang, data transaksi, data supplier dan laporan. Pada sistem tersebut personil yang terkait yaitu admin sebagai personil yang melakukan kegiatan pengolahan data, kasir sebagai personil yang mengurus transaksi penjualan, dan pemilik dapat mengelola semua data yang ada. Kekurangan dari sistem ini tidak memiliki fasilitas back up dan restore database yang dibutuhkan untuk menduplikasi dan mengembalikan database ketika sewaktu-waktu hal itu perlu dilakukan. Kelebihan dari sistem ini dapat menghasilkan output berupa nota transaksi penjualan. Hal ini dapat menjadi tanda bukti penjualan barang kepada konsumen.
Rastuti (2012) menganalisis sistem informasi rental komputer. Sistem yang dibuat menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Office Access 2007. Dalam penelitiannya sistem tersebut mengelola data komputer, data member, data transaksi, data pegawai, data kas, data biaya sewa, data biaya rental, dan laporan. Kekurangan pada sistem ini adalah terletak pada tampilan yang kurang menarik dan penggunaan font yang berlebihan sehingga sulit untuk dibaca. Kelebihan pada sistem ini telah memiliki fasilitas back up dan restore database untuk mengatasi apabila terjadi kesalahan/permasalahan didalam proses administrasi.

Adapun perbedaan penelitian yang diajukan dengan penelitian-penelitian sebelumnya yaitu konsep yang digunakan adalah konsep sistem informasi yang diimplementasikan distudio musik. Pembuatan rancangan sistem ini menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Office Access 2007. Didalam sistem yang diajukan memiliki tampilan yang menarik, pengaturan database yang dapat moveable,  keamanan data yang terjamin karena terdapat hak akses untuk setiap pengguna seperti pemilik, karyawan, dan pelanggan, jadi tidak sembarang orang dapat mengakses sistem tersebut. Terdapat fasilitas back up dan restore database yang dapat menyalin atau menduplikasi database sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan database asli, dan juga dapat menghasilkan output berupa nota penyewaan dan laporan yang dibutuhkan.  
Share this article :
 
Support : Creating Website | Hacking | Mas Template
Copyright © 2014. H4ck-ing - All Rights Reserved
Template Created by Hack-ing Published by Hack-ing
Proudly powered by Blogger