Blog Pembelajaran

Selamat Datang di http://h4ck-ing.blogspot.com

Latar Belakang Masalah / Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik

Jumat, 13 Desember 20130 komentar


A.      Latar Belakang
Dewasa ini kegiatan administrasi menempati hampir disemua sektor dalam suatu organisasi perusahaan atau instansi, didalam menunjang kelengkapan informasi dalam hal pengambilan keputusan. Kegiatan administrasi dalam suatu organisasi perusahaan atau instansi mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap sukses tidaknya suatu organisasi perusahaan atau instansi, artinya suatu sistem administrasi dapat menentukan tingkat efisiensi dan efektifnya suatu organisasi perusahaan atau instansi. Kegiatan administrasi sudah maju perkembangannya, sehingga mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi di bidang pengolahan data.
Sanjaya Studio Musik adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam sektor penyewaan studio musik dan sound system yang berada di kota Yogyakarta. Sanjaya Studio Musik berdiri pada tahun 2008. Pada awal usaha jasa penyewaan studio musik dan sound system masih sedikit pelanggan, tetapi semakin lama semakin banyak pelanggan. Sampai saat ini Sanjaya Studio Musik memiliki pelanggan tetap yang menjadi member di Sanjaya Studio Musik. Alat-alat musik dan sound system yang disewakan oleh Sanjaya Studio Musik selalu dirawat dengan baik agar tetap berkualitas, sehingga pelanggan yang menyewa merasa puas dan tetap mempercayai Sanjaya Studio Musik.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, diketahui  bahwa kegiatan pada usaha penyewaan studio musik dan sound system Sanjaya Studio Musik ini belum terkomputerisasi. Semua proses penyewaan, pemesanan, pembayaran hanya dicatat di sebuah buku, mengakibatkan sistem belum mampu menyediakan informasi yang cepat, sehingga mempengaruhi kinerja Sanjaya Studio Musik. Hal ini dapat diatasi dengan pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer.
Sistem yang masih manual mengakibatkan sistem pengolahan datanya tidak tertata dengan baik. Sehingga menimbulkan banyak masalah, seperti data pelanggan hanya ditulis pada buku yang memungkinkan kerusakan atau kehilangan data tersebut, penjadwalan secara manual untuk menentukan pelanggan yang menyewa studio musik dan sound system yang memungkinkan kesalahan pada harga dan waktu, pengolahan data yang tidak teratur, keterlambatan dan kesalahan informasi yang dihasilkan, terutama laporan yang diperlukan dan pencatatan data yang berulang-ulang kali sehingga tidak efektif dan efisien.
Pada masa sekarang kemajuan teknologi berlangsung dengan sangat pesat. Kondisi ini menjadikan kebutuhan manusia dapat diringankan dengan menggunakan peralatan teknologi. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia akan informasi cenderung untuk menggunakan peralatan modern. Salah satu peralatan modern yang sedang berperan dalam menghasilkan informasi sekarang ini adalah komputer. Komputer sebagai sarana informasi yang sangat baik digunakan untuk pengolahan data. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data dapat membantu manusia dalam kegiatannya. Pada saat ini bisa dikatakan komputer merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dibutuhkan manusia. Walau demikian komputer tidak dapat bekerja tanpa adanya campur tangan manusia, karena komputer hanya merupakan alat bantu yang dapat menghasilkan informasi dengan pengendalian manusia.
Penggunaan komputer terutama dalam suatu sistem informasi penyewaan menjadi suatu alat pemecahan masalah yang dapat memberikan manfaat, baik dalam ketelitian, keamanan, kemudahan, penyampaian informasi, maupun volume pekerjaan yang ditangani. Sehingga dalam penyajian informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh secara cepat, akurat, tepat waktu, dan lengkap tanpa harus melalui proses pencatatan secara berulang-ulang, dan pembuatan laporan penyewaan lebih mudah dalam pengerjaanya.

Berdasarkan uraian diatas penelitian ini penulis mempunyai keinginan membuat sistem informasi penyewaan studio musik berbasis komputer. Dan penulis memberi judul untuk Tugas Akhir ini yaitu “Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik “Sanjaya Studio Musik” Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0”.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Hacking | Mas Template
Copyright © 2014. H4ck-ing - All Rights Reserved
Template Created by Hack-ing Published by Hack-ing
Proudly powered by Blogger